Rahasia Si Kecil Tidur Nyenyak di Malam Hari, Berikan 5 Makanan Ini, Bunda!

Bagi Bunda yang sudah memiliki balita, pasti tahu ya, bagaimana susahnya mengajak anak untuk tidur di malam hari. Padahal, mereka perlu waktu tidur yang cukup, yaitu sekitar 12 sampai 14 jam. Kalau kurang dari itu, pertumbuhan dan perkembangannya bisa terganggu. Belum lagi, tidur yang tidak nyenyak bisa mempengaruhi suasana hari balita di siang hari. Akibatnya ia jadi mudah marah dan lebih sensitif, Bunda. Waduh! Namun, Bunda nggak perlu khawatir, beberapa makanan ini bisa Bunda berikan agar si kecil tidur cepat dan nyenyak sepanjang malam. Kira-kira makanan apa saja, ya? Disimak, yuk!

Susu

Setiap hari mendekati waktu tidur si kecil, berikan ia susu, ya, Bunda. Sebab, di dalam susu terdapat kandungan melatonin, zat yang mengatur siklus bangun-tidur seseorang. Akan lebih baik jika susu yang diberikan dalam keadaan hangat, karena akan membuat balita lebih rileks. Susu di sini nggak hanya susu formula saja, melainkan ASI juga. Menurut para ahli, ASI yang diproduksi di malam hari mengandung senyawa yang dapat merangsang rasa kantuk, lho, Bunda.

Ikan

Tahukah Bunda jika ikan bisa membantu balita agar tidur lebih cepat dan nyenyak sepanjang malam? Nah, hal ini karena kandungan omega-3 yang ada di dalamnya. Omega-3 ini selain penting untuk perkembangan otak anak, penting juga guna meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh sehigga anak dapat tidur lebih baik dan lebih lama, Bunda. Namun, nggak semua ikan mengandung asam lemak essensial ini, ya. Beberapa jenis ikan yang bisa jadi pilihan yaitu tuna, salmon, ikan tenggiri, dan ikan kod.

Pisang 

Pisang bantu balita tidur nyenyak
Sumber: everydayhealth.com

Siapa sih Bunda yang tidak tahu si kuning yang satu ini? Ya, benar, pisang! Selain mudah didapatkan, buah ini ternyata menyimpan banyak kandungan yang bermanfaat untuk buah hati. Beberapa di antaranya yaitu hormon melatonin dan serotonin yang berperan dalam mengatur siklus tidur balita, Bunda. Tidak hanya itu, pisang juga kaya akan magnesium yang dapat merelaksasi otot sehingga tidur anak lebih nyenyak. Selain pisang, ada juga makanan kaya magnesium yang lain, seperti kacang almond dan biji-bijian.

Bayam

Bayam identik sebagai makanan kesukaan ‘Popeye’. Namun, nggak banyak orang tahu jika sayuran yang satu ini bisa juga dijadikan makanan untuk membantu tidur anak di malam hari, Bunda. Pasalnya, di dalam bayam terdapat kandungan asam amino triptofan yang dapat mendorong produksi hormon melatonin. Jadi, supaya tidur si kecil lebih pulas, jangan lupa campurkan bayam dalam menu makan hariannya, ya!

Nasi

Biasanya, setelah makan nasi putih, kita akan cepat merasa ngantuk, Bunda. Kenapa bisa begitu, ya? Nah, menurut para ahli, nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat inilah yang dapat memicu rasa kenyang dan ingin istirahat. Di samping itu, nasi putih juga memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi, yang diyakini dapat membantu seseorang untuk tidur lebih cepat dan nyenyak, termasuk balita.

Nah, itulah tadi rekomendasi makanan untuk si kecil. Jika balita mulai mengalami masalah pada pola tidurnya, jangan ragu untuk memberikan beberapa makanan tadi, ya, Bunda. Selain makanan, perhatikan juga suasana dari kamar tidurnya. Cek apakah suhu dan cahaya di kamar mendukung untuk anak cepat tertidur. Tidak lupa, pastikan bahan dari selimut dan sprei anak karakter nyaman serta tidak panas saat digunakan.  

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons