Nggak Perlu Panik, Bunda! Begini Cara Menangani Asma pada Anak

Bunda, asma adalah penyakit pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh peradangan dan penyempitan saluran napas. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak. Jika si kecil mengalaminya, hal pertama yang perlu orang tua lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Sebab, saluran napas yang menyempit tentu akan membuat si kecil tidak nyaman karena sesak dan sulit bernapas, Bunda. Berikut beberapa cara menangani penyakit asma pada anak yang perlu Bunda ketahui.

Tetap tenang

Asma pada anak memang tidak boleh dianggap remeh. Gejala yang muncul sering tidak terdeteksi, ditambah kapan datangnya juga tidak bisa diprediksi. Meski begitu, Bunda jangan panik, ya. Saat si kecil mulai menunjukkan gejala untuk kambuh, usahakan Ayah dan Bunda tetap tenang. :Pasalnya cemas berlebihan justru akan membuat Bunda tidak bisa memikirkan langkah penanganan selanjutnya.

Kenali gejala asma pada anak

Tips atasi asma pada anak
Sumber: metro.co.uk

Gejala asma pada balita tentu berbeda dengan orang dewasa. Umumnya, mereka akan mengalami gejala mulai dari batuk, sulit bernapas, hingga  sulit berbicara, Tidak jarang, anak akan mengeluarkan suara mengi atau suara bernada tinggi tiap kali menghembuskan napas, Bunda. Sayangnya, sering kali orang tua tidak mengenali gejala asma pada anak ini. Beberapa bahkan menganggapnya sebagai batuk dan alergi biasa. Belum lagi, di usianya yang masih sangat kecil, anak sulit mendeskripsikan apa yang sebenarnya mereka rasakan. Jadi, usahakan lebih peka dan amati gejalanya dengan seksama, ya!

Penanganan asma

Untuk meringankan gejala asma pada anak, Bunda bisa menggunakan obat penghilang asma dengan cepat, seperti albuterol. Obat ini biasanya diresepkan oleh dokter dan bisa diberikan, baik melalui alat nebulizer maupun inhaler. Nebulizer adalah mesin yang akan mengubat obat cair menjadi kabut. Sedangkan inhaler adalah kaleng aerosol kecil dalam ruang penampung dengan topeng kecil yang melekat padanya. Keduanya sama-sama efektif, Bunda, terutama untuk melancarkan saluran napas si kecil.

Menjaga aktivitas buah hati

Renang atasi asma
Sumber: mamamagic.co.za

Tahukah Bunda, beberapa aktivitas ternyata bisa membantu meringankan gejala asma pada anak? Ya, aktivitas berenang dan berlari misalnya. Olahraga ini efektif dalam meningkatkan stamina buah hati sehingga ia tidak mudah mengalami sesak napas. Oleh karena itu, sebisa mungkin lakukan aktivitas ini secara rutin, ya, Bunda.

Menjaga pola makan

Selain melakukan aktivitas olahraga, Bunda juga perlu menjaga pola makan si kecil. Sebab, apa yang dikonsumsi oleh anak bisa berpengaruh pada penyakit asmanya. Hindari makanan yang menimbulkan reaksi alergi. Lalu, berikan juga beberapa buah, seperti apel dan alpukat. Apel memiliki kandungan flavonoid dan khellinyang baik untuk sistem pernapasan anak. Sementara kandungan glutathin pada alpukat bekerja sebagai antioksidan yang melonggarkan saluran pernapasan dan membuat tubuhnya lebih sehat.

Selain beberapa cara di atas, ada baiknya Bunda mengurangi penyebab asma pada anak. Misalnya saja dengan rajin membersihkan setiap sudut rumah, terutama kamar si kecil. Pastikan tidak ada debu yang menempel pada perabotnya, ya. Selain itu, Bunda pun bisa mengganti sprei yang Bunda miliki dengan sprei waterproof. Selain mudah dibersihkan, sprei jenis ini bisa mencegah adanya kuman, bakteri, dan tungau di kasur serta mencegah masalah pernapasan anak, mulai dari  alegi, bersin, hingga gangguan asma.

Semoga cara ini bermanfaat, ya, dan asma si kecil tidak sering kambuh lagi, Bunda!

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons