Ibu Hamil, Ini Dia 5 Makanan yang Ampuh Jaga Daya Tahan Tubuh di Era New Normal

Bunda, konsumsi makanan selama hamil tentu harus menjadi prioritas nomor satu, ya? Pasalnya, semua yang masuk dan diolah dalam sistem pencernaan akan berpengaruh, tidak hanya pada kesehatan ibu hamil, namun juga kesehatan si kecil dalam kandungan. Apalagi di masa new normal seperti saat ini, Bunda harus lebih sering mengonsumsi makanan sehat agar tubuh kuat serta terhindar dari paparan virus dan bakteri. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama masa kehamilan. Apa saja? Yuk, disimak, Bunda!

Telur

Selain murah dan mudah untuk didapat, telur kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil, lho, Bunda. Di dalamnya terkandung zat gizi yang sangat lengkap, mulai dari protein, vitamin, zat besi hingga asam lemak omega-3. Semua kandungan yang ada pada telur tadi baik untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Nggak heran jika kemudian telur disebut sebagai superfood, ya, Bunda. Sebelum dikonsumsi, jangan lupa memastikan telur matang dengan sempurna guna menghindari kontaminasi bakteri salmonella.

Jeruk

Manfaat jeruk untuk ibu hamil
Sumber: pexels.com

Kalau bicara tentang makanan sumber vitamin C, pasti nama buah yang satu ini langsung muncul di kepala. Ya, apalagi kalau bukan jeruk. Jeruk manis, lemon, atau pun jeruk nipis memang dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, Bunda. Vitamin C inilah yang akan bekerja efektif dalam memperkuat daya tahan tubuh ibu hamil. Tidak hanya itu saja, di dalam jeruk juga ada antioksidan yang dapat melawan infeksi virus dan bakteri berbahaya. Selain jeruk, Bunda juga dapat mengonsumsi buah lainnya, misalnya saja kiwi dan jambu biji yang juga kaya akan vitamin C.

Brokoli

Agar tetap sehat selama masa kehamilan, Bunda disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran seperti brokoli memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena vitamin A, C, dan E, antioksidan, serta zat gizi lain yang ada didalamnya. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan brokoli ke dalam menu harian, Bunda, ya! Jika bosan dengan olahan sayur yang itu-itu saja, Bunda bisa mengolahnya menjadi smoothies brokoli yang sehat nan lezat.

Pepaya

Pepaya untuk daya tahan tubuh new normal
Sumber: healthfitnessrevolution.com

Bunda, selain jeruk, jambu biji, dan kiwi, rupanya ada buah lain yang baik dikonsumsi guna menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan. Ya, betul sekali, pepaya. Buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia ini mengandung vitamin C dengan jumlah yang tidak kalah dari jeruk., yaitu sekitar 94 mg untuk setengah buahnya. Nggak hanya vitamin C saja, pepaya juga memiliki kandungan antioksidan dan enzim papain yang dapat melawan penyakit dan mengurangi peradangan.

Yoghurt

Tahukah Bunda, mengonsumsi yoghurt secara rutin sangat dianjurkan bagi ibu hamil? Seperti yang kita ketahui, Yoghurt merupakan salah satu sumber probiotik baik, sehingga tidak hanya melancarkan sistem pencernaan, makanan yang satu ini juga efektif untuk menjaga kesehatan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Produksi sel darah putih, lebih khusus lagi sel T, akan meningkat karena kandungan mineral dan zat gizi yang terdapat pada yoghurt. Sel darah putih inilah yang memegang peran penting dalam melawan infeksi dan bakteri, Bund.

 

Nah, itulah tadi jenis-jenis makanan yang bisa menjadi pilihan Bunda untuk dikonsumsi setiap hari selama masa kehamilan. Tidak hanya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi saja, di era new normal,  penting untuk ibu hamil tetap #dirumahaja. Jika harus beraktivitas di luar, jangan lupa ikuti protokol kesehatan dan kenakan masker, ya! Ingat juga untuk selalu menjaga kebersihan diri, rumah, dan lingkungan sekitar, Bunda.

 

 

 

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons