Dear Bunda, Lakukan Perawatan Bayi Ini Agar Kulit Si Kecil Tetap Lembut dan Sehat

Seperti halnya orang dewasa, kulit bayi pun perlu diperhatikan. Apalagi mengingat kulitnya yang cenderung lebih sensitif sehingga rentan terkena alergi dan iritasi, Bunda. Itulah mengapa, perawatan bayi yang ekstra diperlukan agar kesehatan serta kelembutan kulit tetap terjaga. Namun, Bunda nggak perlu khawatir, karena sebetulnya merawat kulit si kecil tidaklah sulit. Berikut beberapa tips yang bisa Bunda ikuti di rumah, disimak baik-baik, ya!

Sebelum mandi, cek suhu air terlebih dahulu

Perlu diingat Bunda, saat mandi suhu air yang digunakan tidak boleh sembarangan. Bayi sebaiknya mandi dengan air yang hangat, tidak terlalu dingin, tidak juga terlalu panas. Suhu atau temperaturnya berada pada kisaran 37 hingga 38 derajat Celcius. Hal ini penting sebagai salah satu rangkaian perawatan bayi.  Pasalnya, suhu air yang terlalu panas bisa membuat kulit bayi yang sensitif menjadi kering. Sedangkan, air dingin akan membuat si kecil merasa tidak nyaman.

Gunakan produk perawatan bayi yang tepat

Produk perawatan bayi yang tepat
Sumber: diadona.id

Dalam perawatan bayi, satu hal yang tidak boleh disepelekan adalah memilih produk, Bunda. Bunda dianjurkan untuk memilih produk yang diperuntukkan bagi bayi, seperti sabun, sampo, dan baby lotion. Ingat untuk tidak menggunakan sabun dewasa saat memandikan buah hati, ya. Sebab bahan kimia yang ada di dalamnya jauh lebih tinggi dan ini bisa menimbulkan alergi serta masalah kulit lainnya. Selain itu, Bunda juga mengaplikasikan pelembab khusus bayi, lho, guna menjaga kulit bayi tetap terhindrasi.

Cegah timbulnya ruam popok

Bayi, terutama bayi baru lahir rentan mengalami ruam popok. Ruam popok sendiri adalah bintik kemerahan yang timbul pada kulit di area sekitar popok, Bund.  Biasanya hal ini disebabkan karena popok jarang diganti atau popok dipasang terlalu ketat. Untuk mencegahnya, segera ganti popok bayi jika sudah penuh. Namun, jika ruam terlanjur muncul, Bunda jangan langsung panik, ya.  Coba basuh dengan kapas yang diberi air. Kemudian, keringkan menggunakan handuk dan beri krim anti ruam popok.

Selektif memilih pakaian

Perawatan bayi memilih bahan pakaian
Sumber: pexels.com

Bunda, memilih bahan pakaian yang tepat bisa menjadi cara untuk menjaga kelembutan kulit bayi lho. Langkah ini juga dapat mencegah timbulnya iritasi akibat biang keringat. Hmmm, kalau begitu, bahan seperti apa yang sebaiknya dipilih? Nah, pakaian dengan bahan katun yang ringan dan mudah menyerap keringat menjadi opsi terbaik. Hindari pakaian berbahan sintetis yang dapat menyebabkan reaksi alergi, ya.

Rutin memijat bayi

Tahukah Bunda, jika memijat bayi secara rutin bisa membuat kulitnya tetap sehat dan tidak mudah kering? Ya, perawatan bayi ini sendiri sebetulnya sudah dilakukan sejak lama dan turun temurun. Setiap hari sehabis mandi, pijat bayi dengan lembut. Untuk panduan memijatnya, Bunda bisa melihat banyak video tutorial yang ada di internet. Jangan lupa gunakan baby oil, ya. Selain menjaga dan merawat kulit, langkah ini juga memberikan efek relaksasi sehingga membuat si kecil tidur lebih nyenyak.

Itulah tadi tips perawatan bayi agar kulit si kecil senantiasa lembut dan sehat, Bunda. Mudah, bukan? Selain beberapa langkah tadi, coba perhatikan kondisi kamarnya. Pastikan Bunda mencuci seluruh perlengkapan tidurnya, mulai dari sprei hingga selimut. Apalagi jika sprei yang digunakan tidak waterproof, sehingga akan lembab jika terkena tumpahan air. Hal ini penting guna mengurangi kemungkinan gatal dan iritasi pada bayi, Bund.

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons