Bunda Harus Tahu! Ini Dia 5 Manfaat Wortel untuk MPASI Bayi.

Siapa sih Bunda yang nggak suka wortel? Tekstur renyah ditambah citarasa yang manis membuat wortel begitu digemari. Nah, jika Bunda bingung harus memberikan apa untuk buah hati, wortel bisa jadi opsi untuk dimasukkan ke dalam menu MPASI bayi. Selain enak, sayuran berwarna oranye ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak, lho. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari wortel ini? Simak ulasan berikut, ya, Bunda.

Kesehatan mata

Bunda, saat mendengar nama “wortel”, kata apa yang pertama kali terbesit dalam pikiran? Ya, mata. Sayuran yang masuk ke dalam kategori umbi-umbian ini memang dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan mata. Hal ini karena wortel memiliki kandungan vitamin A dan beta-karoten di dalamnya. Kedua elemen inilah yang berperan penting dalam membantu perkembangan sel retina dan mendukung perkembangan visual bayi, Bunda.

Meningkatkan daya ingat

Tahukah Bunda, jika wortel memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif buah hati? Ya, kandungan senyawa yang ada pada wortel dapat mencegah peradangan otak dan kehilangan memori yang terjadi bertahap seiring bertambahnya usia. Senyawa ini sendiri bernama luteolin, Bunda. Tidak hanya itu saja, wortel kaya akan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak dapat berkembang dengan sehat.

Melancarkan sistem pencernaan

Wortel untuk menu MPASI Bayi
Sumber: tasteofhome.com

Konsumsi wortel lewat MPASI bayi secara rutin diyakini dapat melancarkan sistem pencernaan si kecil, Bunda. Asam lambung yang biasa dialami oleh bayi bisa dicegah. Asam lambung inilah yang menjadi penyebab bayi sering muntah. Selain asam lambung,  bayi umumnya mengalami masalah susah buang air besar atau sembelit. Nah, serat pada wortel akan membantu kerja usus sehingga sistem pencernaan lebih lancar, Bunda.

Mempercepat penyembuhan luka

Kulit bayi yang lembut menjadikannya rentan mengalami luka. Resiko luka ini pun semakin besar seiring dengan bertambahnya usia, karena ia semakin aktif bergerak dan mengeksplor banyak hal. Namun, Bunda nggak perlu khawatir, berikan saja wortel sebagai menu MPASI bayi. Sayuran ini memiliki sifat tertentu yang akan mendorong pertumbuhan sel guna mempercepat proses penyembuhan luka.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Bunda, vitamin A yang ada pada wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, lho. Vitamin A ini juga berperan dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jika mengonsumsi wortel secara rutin, jumlah sel darah limfosit dan trombosit yang membantu mengatur imunitas tubuh akan bertambah. Jadi, nggak ragu lagi untuk memasukkan wortel ke dalam menu MPASI bayi, kan, Bunda?

Wortel memang sayuran yang tepat untuk diberikan pada buah hati lewat MPASI bayi. Tentunya karena wortel memiliki banyak manfaat yang sudah disebutkan tadi. Meski begitu, Bunda perlu memerhatikan cara pengolahan MPASI bayi agar kandungan gizi di dalamnya tetap terjaga. Waktu terbaik untuk merebus dan mengukus wortel yaitu sekitar 15 menit, karena jika terlalu lama, kandungan gizinya akan hilang, Bunda. Jangan lupa, sebelum diolah, wortel harus dikupas dan dicuci terlebih dahulu, ya!

 

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons