Bumil, Ini Dia Jenis Bantal Hamil Supaya Tidur Lebih Nyenyak

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, perut bunda jadi semakin besar. Bunda menjadi cukup kesulitan saat akan melakukan aktivitas seperti biasa. Bahkan, tidur pun jadi nggak nyaman, ya, miring ke kanan salah, miring ke kiri juga salah, apalagi menghadap bawah. Duhh, semua posisi rasanya jadi serba salah! Eitss, tapi, jangan khawatir dulu, ada solusi yang bisa Bunda coba kok, yaitu bantal hamil. Bantal ini didesain secara khusus untuk ibu hamil. Dengan memakainya, rasa pegal dan sakit yang Bunda alami nggak jadi masalah lagi. Otot juga lebih rileks sehingga tidur Bunda lebih nyaman dan nyenyak. Sebelum membeli, simak dulu, yuk, jenis bantal hamil yang bisa jadi pilihan, Bunda. Ada apa saja?

Bantal hamil bentuk U

Sesuai namanya, jenis bantal yang satu ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf U. Dengan desain seperti ini, bantal akan menopang tidak hanya kepala, tapi juga leher, punggung, serta pinggang dan kaki. Pokoknya, seluruh badan bisa disangga dengan sempurna, Bunda. Untuk menggunakannya, Bunda bisa tidur di atasnya. Ataupun tidur dengan posisi bantal berada di antara kedua kaki. Meski sangat nyaman, namun bantal bentuk U ini memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga akan memakan banyak tempat.

Bantal berbentuk C

Meski ukurannya tidak jauh berbeda, bantal hamil jenis ini tidak memiliki bentuk yang sama, Bunda. Ya, jika sebelumnya bentuk bantal menyerupai huruf U, lain halnya dengan bantal ini yang memiliki bentuk seperti huruf C. Bantal berbentuk C ini dapat membuat tubuh Bunda merasa lebih nyaman dan rileks saat tidur. Pasalnya, baik punggung maupun perut dapat tertopang dengan baik.

Wedge pillow

Wedge pillow bantal hamil
Sumber: nymag.com

Bantal hamil selanjutnya dikenal sebagai wedge pillow. Bantal ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, dibandingkan dengan bantal berbentuk U dan C tadi. Meski ukurannya mini, tapi bantal jenis ini tetap bisa memberikan kenyamanan maksimal selama Bunda tidur dengan mengurangi pegal di area perut dan punggung. Bahkan, wedge pillow bisa digunakan lebih lama, sampai nanti Bunda melahirkan si kecil.  Wedge pillow tersedia dalam pilihan bentuk bulat dan segitiga. Bunda tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Bantal untuk stomach sleepers

Bunda, perut yang membesar tentu membuat pergerakan tubuh lebih minim dan terbatas. Untuk tidur pun posisinya nggak bisa sembarangan. Kalau dulu biasanya Bunda suka tidur dengan posisi yang tengkurap, semenjak hamil jadi nggak bisa lagi, deh. Namun, tahukah Bunda, kini sudah ada inovasi baru, yaitu bantal untuk para stomach sleeper. Lubang yang ada di bagian tengah memungkinkan Bunda untuk tidur tengkurap seperti biasanya. Wah!

Bantal sabuk (belt pillow)

Bantal sabuk? Jadi, sebenarnya ini bantal atau sabuk sih? Bunda pasti bingung, ya? Jawabannya adalah keduanya! Jadi, jenis bantal hamil yang kelima ini memiliki bentuk layaknya sabuk. Cara menggunakannya pun sama, Bunda, cukup dipakai mengelilingi pinggang dan perut saja. Bedanya, sabuk ini didukung dengan busa tambahan pada masing-masing sisi. Tujuannya tidak lain agar membuat ibu hamil merasa lebih nyaman. Belt pillow ini memiliki ukuran yang cukup fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan usia kehamilan Bunda.

Nah, itulah tadi ragam jenis dari bantal hamil yang bisa Bunda pilih. Di samping jenis, perhatikan juga beberapa aspek lainnya, ya, Bunda. Misalnya saja bahan, pilih bantal dengan bahan yang lembut serta mudah dibersihkan. Perhatikan juga bahan dari sprei yang Bunda gunakan. Sebisa mungkin pilih sprei waterproof sehingga kasur bisa tetap kering dan Bunda bisa tidur dengan lebih nyenyak di malam hari.

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons