Bumil Harus Tahu! Ini Lho Manfaat Menggunakan Bantal Hamil Saat Tidur

Bunda pasti tahu ya, bagaimana susahnya untuk tidur di malam hari kala hamil. Semua posisi jadi serba salah karena seluruh tubuh pegal-pegal. Belum lagi perut yang semakin membesar, jadi mengganjal, bikin tidur miring pun juga nggak nyaman. Nah, sebagai solusinya Bunda bisa mencoba maternity pillow, nih. Maternity pillow sendiri merupakan bantal yang dirancang dan diperuntukkan khusus untuk para ibu hamil. Desainnya sudah disesuaikan agar bumil dapat tidur dengan nyenyak saat malam. Tapi, apa saja sih manfaat dari menggunakan bantal hamil ini, Bunda? Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Menjaga posisi tubuh

Bunda sudah lihat postingan beberapa hari yang lalu belum, nih? Kalau sudah, pasti tahu ya, jika bantal hamil tersedia dalam 6 jenis yang berbeda. Mulai dari wedge pillow sampai bantal yang menyerupai bentuk huruf U. Nah, meski berbeda, namun ke-6 jenis bantal ini memiliki fungsi yang serupa, yaitu menopang dan menjajarkan bagian tubuh, terutama leher, perut, paha, serta punggung. Dengan begitu posisi tubuh ibu hamil bisa tetap terjaga saat tidur.

Mengurangi heartburn

Apakah selama masa kehamilan, Bunda merasakan sensasi panas di area dada? Jika ya, mungkin Bunda mengalami heartburn. Hal ini disebabkan karena ruang organ yang semakin kecil seiring dengan bertambahnya ukuran bayi di dalam perut. Heartburn biasanya akan membuat Bunda merasa tidak nyaman, terlebih saat tidur dalam posisi horizontal. Namun, Bunda nggak perlu khawatir karena gejala heartburn bisa berkurang dengan menggunakan bantal hamil.

Melancarkan sirkulasi darah 

Manfaat bantal hamil selama masa kehamilan
Sumber: babyology.com.au

Tahukah Bunda, kenapa posisi tidur miring banyak direkomendasikan oleh para dokter? Ya, pasalnya posisi ini dapat melancarkan sirkulasi darah, Bunda. Namun, nggak bisa dipungkiri jika tidur miring untuk waktu yang lama terasa sangat tidak nyaman, ya? Nah, dengan penggunaan bantal hamil, rasa tidak nyaman tadi bisa berkurang. Bunda cukup menyesuaikan posisi dari maternity pillow supaya tidur jadi lebih nyenyak.

Membantu ibu hamil tidur nyenyak

Agar janin berkembang dengan optimal di dalam kandungan, ibu hamil dianjurkan untuk banyak istirahat. Bunda bisa menggunakan bantal hamil ini, baik untuk istirahat di siang hari maupun tidur saat malam hari. Pegal-pegal dan rasa sakit yang dikeluhkan akan berkurang sehingga Bunda jadi lebih rileks dan nyaman. Kalau kualitas tidur meningkat, bangun di pagi hari jadi lebih segar, deh, Bunda.

Menyiapkan proses persalinan

Tidak hanya bagi ibu, manfaat dari bantal hamil rupanya dirasakan juga oleh bayi dalam kandungan, lho, Bunda. Masa sih? Iya, maternity pillow akan mendorong janin supaya berada di posisi yang pas untuk proses persalinan nanti. Jika posisinya sudah tepat, proses persalinan diharapkan akan lebih lancar dan tidak menyakitkan.

Oh iya, selain memberikan kenyamanan selama hamil untuk Bunda, beberapa jenis bantal hamil masih dapat digunakan, bahkan setelah si kecil lahir, lho. Untuk itu, penting bagi Bunda mempertimbangkan bantal yang hendak dibeli. Pilih bantal yang nyaman dan awet agar masih bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Khusus bagi Bunda yang punya alergi, perhatikan juga jenis bahannya, ya. Jangan sampai bahan sulit dibersihkan sehingga menjadi sarang bagi debu dan bakteri. Begitupun dengan sprei, sebaiknya pilih sprei waterproof yang dapat mencegah adanya tungau penyebab alergi.

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons