Anak Susah Tidur? Coba Atasi dengan Cara Ini, Bunda!

Anak susah tidur di malam hari sering kali membuat Bunda jadi kepikiran, ya? Bagaimana tidak, pasalnya balita perlu waktu tidur yang cukup, yaitu sekitar 12 sampai 14 jam setiap harinya. Apalagi ia sedang dalam tahapan pertumbuhan. Jika waktu tidurnya kurang, hormon-hormon pertumbuhan tidak akan bekerja maksimal, Bunda. Selain itu, kurang tidur bisa mempengaruhi suasana hati balita di siang hari. Akibatnya ia jadi lebih mudah marah dan agresif. Namun, Bunda nggak perlu khawatir karena beberapa cara ini bisa Bunda lakukan untuk membangun rutinitas tidur di malam hari yang baik. Berikut ulasannya.

Buat jadwal tidur tetap

Cara pertama untuk mengatasi masalah anak susah tidur adalah dengan membuat jadwal tidur yang tetap. Coba tentukan waktu, kapan anak harus pergi tidur di malam hari serta kapan ia harus bangun, Bunda. Hal ini akan membantu dalam membentuk pola tidur buah hati. Namun, perlu diingat, lakukan ini secara teratur dan konsisten, ya. Apapun kondisinya, ikuti jadwal tidur yang sudah dibuat tadi.

Hentikan aktivitas beberapa jam sebelum tidur

Agar balita mudah tidur di malam hari, Bunda bisa menghentikan aktivitas, seperti aktivitas menonton TV ataupun main gadget beberapa jam sebelum tidur. Pasalnya, cahaya dari layar TV dan handphone ternyata bisa mengganggu produksi hormon melatonin, lho. Hormon inilah yang berperan penting dalam siklus tidur dan bangun seseorang, Bunda. Alhasil, anak jadi sulit mengantuk saat malam. Jadi, sebisa mungkin no TV, no gadget sebelum tidur, ya.

Berikan camilan

Susu atasi masalah anak susah tidur
Sumber: medicalnewstoday.com

Bunda, bisa jadi anak susah tidur karena perutnya terasa lapar. Untuk itu, Bunda bisa memberikannya beberapa camilan, seperti roti, pisang, atau sereal. Tidak hanya itu, segelas susu hangat juga baik untuk dikonsumsi oleh balita saat malam. Susu hangat ini dapat merangsang rasa kantuk serta meningkatkan kualitas tidur si kecil. Saat perutnya sudah terisi, maka ia pun akan lebih mudah terlelap, Bunda. Namun, jangan lupa untuk memberikan jeda waktu agar makanan bisa dicerna, ya.

Bacakan dongeng sebelum tidur

Cara yang satu ini sering menjadi pilihan para orang tua untuk mengatasi masalah anak susah tidur, ya, membacakan dongeng. Biarkan anak memilih satu judul cerita atau dongeng yang ia suka. Kemudian, bacakan cerita tadi dengan suara yan lembut, Bunda. Suara Bunda yang lembut dan menenangkan akan membuatnya lebih rileks sehingga tidurnya pun menjadi lebih nyenyak. Selain meningkatkan kualitas tidur, kebiasaan ini dapat menguatkan ikatan atau bonding antara Bunda dan si kecil, lho.

Kamar tidur yang nyaman

Pernahkah Bunda bertanya pada anak, apa yang menganggunya dan membuatnya susah tidur saat malam? Apakah karena kondisi kamar yang gelap, udara yang terlalu panas atau malah terlalu dingin? Jika ya, Bunda bisa mengubah suasana kamarnya menjadi lebih menyenangkan. Tambahkan beberapa item, seperti lampu tidur jika kamar dirasa masih terlalu gelap. Dengan begitu si kecil akan lebih mudah terlelap karena kini kamarnya terasa lebih nyaman.

Selain kondisi kamar, perhatikan juga kondisi dari tempat tidur anak, ya, Bunda. Sebab, sprei yang panas hingga adanya hewan kecil di kasur bisa menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman sehingga anak susah tidur. Coba ganti sprei menjadi sprei anti air guna mencegah tumbuhnya bakteri dan organisme, serta meminimalisir masalah tungau pada kasur, Bunda.

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons