Anak Suka Ngompol? Jangan Panik, Bersihkan Bau Pesing dan Bekas Ompol dengan Tips Ampuh Ini, Bunda!

Anak umumnya masih memiliki kebiasaan ngompol sampai ia memasuki usia balita. Kalau Bunda yang memiliki anak kecil di rumah, pasti sudah paham dan terbiasa, ya, menangani insiden ompol ini. Meskipun cukup merepotkan juga sih, karena berurusan dengan ompol si kecil bukanlah hal yang menyenangkan. Apalagi bekas ompol sering meninggalkan bau pesing dan noda yang sulit hilang. Duhhh, bikin sebal! Untuk Bunda yang masih bingung bagaimana cara menghilangkan bau dan bekas ompol tadi, nggak usah risau, simak tips ampuhnya berikut ini!

Segera angkat sprei

Meskipun sudah dipakaikan diapers, terkadang anak masih saja suka ngompol, ya, Bund. Bisa karena popok yang dipakai kurang kencang atau popok penuh karena kelamaaan tidak diganti. Kalau sudah begini, mau tidak mau sprei harus segera diangkat sebelum terlambat. Jika tidak, ompol akan meninggalkan bekas pada sprei dan kasur anak. Nggak mau kan, Bunda?

Bersihkan sisa ompol

Setelah sprei diangkat, segera cek ulang kasur si kecil, ya, Bunda. Lihat apakah masih ada sisa ompol yang tertinggal. Apabila ada, sebaiknya langsung dibersihkan, ya. Bunda bisa menggunakan kain atau handuk kering untuk menyerap sisa ompolnya. Cukup tekan pada bagian yang terkena ompol sampai bagian tadi kering dan jangan digosok. Jika lap sudah basah, ganti dengan lap atau kain yang baru, Bunda.

Rendam dan cuci sprei

Cuci sprei bekas ngompol bayi
Sumber: today.com

Saat anak ngompol di malam hari, sebisa mungkin sprei yang sudah diangkat langsung direndam. Jangan menunggu sampai pagi, ya, Bunda. Pasalnya, semakin lama dibiarkan maka bau dan noda akan semakin susah hilang. Selanjutnya, cuci sprei terpisah dari pakaian lain agar bau yang menempel tidak bercampur. Gunakan detergen lalu sikat sprei secara perlahan. Jika noda sudah terlanjur dibiarkan lama, jangan panik, Bunda bisa menggunakan campuran cuka dan air untuk merendam sprei. Biarkan semalaman, lalu di pagi hari Bunda tinggal mencucinya seperti biasa.

Menghilangkan bau pesing pada kasur

Ketika bayi ngompol, sering kali ompolnya tadi masuk menembus hingga ke dalam kasur dan meninggalkan bau pesing. Kalau bau tak kunjung hilang meski sudah dijemur, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan soda kue. Cara ini ampuh, terutama untuk spring bed yang tidak menyerap air. Pertama, taburkan soda kue di atas kasur dan diamkan selama kurang lebih 24 jam. Selanjutnya, Bunda tinggal membersihkan soda kue yang tersisa.

Menghilangkan bau pesing dari kamar

Nggak hanya pada sprei dan kasur saja, setelah anak ngompol, bau pesing juga kerap terperangkap di dalam kamar. Sebagai solusinya, coba buka jendela dan ventilasi yang ada. Hal ini agar sirkulasi udara lancar sekaligus memberikan ruang untuk sinar matahari masuk, Bunda. Selain itu, Bunda bisa meletakkan bubuk kopi di sudut kamar. Bubuk ini akan menyerap semua bau tidak sedap, termasuk bau ompol. Udara segar, tidur pasti jadi lebih nyaman!

Sudah dicatat semua tipsnya, kan? Sekarang, Bunda jadi nggak perlu panik lagi jika si kecil ngompol di malam hari. Selain beberapa hal tadi, nggak ada salahnya jika Bunda melakukan langkah antisipasi. Misalnya saja dengan mengganti sprei yang ada di rumah dengan sprei anti ompol. Sprei ini akan melindungi kasur dari cairan dan noda, serta akan membuat kasur lebih awet dan tahan lama.

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons