5 Tips Memilih Selimut Bayi yang Aman dan Nyaman untuk Buah Hati

Bunda, selimut merupakan salah satu kebutuhan bayi yang tidak boleh dilupakan. Kini, selimut bayi sendiri sudah banyak dijual dengan ragam motif dan model yang menarik. Mulai dari model persegi empat sampai model selimut dengan tudung kepala. Namun, memilih selimut jangan hanya dari desain dan warnanya saja, ya, Bunda. Hal ini mengingat di usianya yang masih sangat kecil, bayi perlu selimut agar tubuhnya tetap hangat dan bisa tidur nyenyak. Berikut tips memilih selimut bayi yang nyaman untuk buah hati, disimak, yuk!

Selimut dengan label SNI

Tidak semua bahan aman untuk kulit bayi, Bunda. Itulah mengapa pemerintah Indonesia kemudian menerapkan aturan ketat. Semua pakaian bayi wajib memiliki label SNI, tidak terkecuali selimut. Jadi, jangan langsung buru-buru beli, ya! Ada baiknya Bunda memastikan dulu apakah pada kain dan kemasannya terdapat label SNI.

Pilih yang ukurannya tepat

Ukuran selimut bayi yang tepat
Sumber: parenting.firstcry.com

Ukuran selimut yang terlalu besar akan membuat si kecil kesulitan dalam bergerak. Sedangkan, selimut yang kekecilan tidak bisa menutupi seluruh bagian tubuh bayi. Oleh karenanya, penting bagi Bunda memilih selimut dengan ukuran yang tepat. Bunda bisa menjadikan panjang tubuh bayi sebagai patokan. Biasanya sih, bayi baru lahir memiliki panjang sekitar 50 cm, Bunda.

Bahan yang lembut dan nyaman

Bicara tentang kenyamanan, tentu bahan jadi pertimbangan wajib dalam memilih selimut bayi. Pasalnya jika sampai salah, selimut malah akan membuat si kecil merasa kepanasan dan jadi gatal-gatal. Duhh, jangan sampai, deh! Untuk itu, pilih bahan yang lembut, Bunda. Katun bisa jadi opsi yang cukup nyaman untuk bayi, terutama bayi baru lahir. Selain katun, Bunda juga bisa memilih selimut berbahan serat alami yang eco-friendly. Bahan ini cocok untuk kulit sensitif karena tidak menimbulkan alergi.

Hindari bahan dengan banyak bulu

Selimut nyaman
Sumber: healthline.com

Hal lain yang patut Bunda cermati yaitu apakah selimut bayi memiliki banyak bulu. Bulu memang dapat membuat tubuh anak menjadi hangat. Akan tetapi, para ahli justru tidak menyarankannya, lho, Bunda. Hal ini karena bulu dapat memicu timbulnya alergi, bahkan bisa masuk ke dalam hidung bayi dan membuatnya sesak. Waduh!

Hindari terlalu banyak hiasan

Selimut bayi dengan banyak hiasan pasti terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, tahukah Bunda, hiasan tadi justru bisa membahayakan buah hati, lho. Pita dan pernak-pernik yang menempel bisa meningkatkan resiko bayi tersedak. Jadi, sebisa mungkin beli model selimut polos tanpa aksesoris, ya, karena bagaimanapun juga keamanan dan kenyaman si kecil harus menjadi prioritas utama.

Semoga tips tadi bermanfaat, Bunda! Jangan lupa dicatat, supaya Bunda nggak bingung saat membeli selimut untuk buah hati nanti. Tidak hanya selimut, Bunda juga perlu memperhatikan sprei yang digunakan. Sebaiknya pilih sprei anti air agar kasur tetap kering dan terbebas dari bakteri dan jamur. Tentunya agar bayi dapat tidur dengan nyaman saat malam.

 

 

 

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons