5 Tips Aman Membersihkan Rumah bagi Ibu Hamil

Selama hamil, Bunda jadi tidak leluasa dalam bergerak. Tubuh pun jadi lebih mudah lelah karena perut yang semakin membesar, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang bagi ibu hamil untuk membersihkan rumah, lho. Bunda bisa beberes dan melakukan pekerjaan rumah seperti biasa, asalkan tetap waspada. Jangan sampai kegiatan ini justru mengganggu kesehatan ibu hamil. Supaya tetap aman, cermati beberapa tips di bawah ini, ya!

Gunakan masker dan sarung tangan

Dengan membersihkan rumah, ibu hamil akan terpapar dengan banyak kotoran dan debu. Belum lagi dengan zat kimia yang ada pada cairan pembersih. Untuk itu, penting bagi bumil menggunakan masker. Tujuannya, agar mengurangi resiko debu masuk melalui hidung dan mulut, Bunda. Jangan lupa juga untuk menggunakan sarung tangan, ya. Pasalnya bahan kimia bisa saja masuk melalui pori-pori kulit dan mengganggu keseimbangan hormon, serta menyebabkan iritasi. Apalagi selama hamil, kulit Bunda menjadi lebih sensitif.

Selalu buka pintu dan jendela

Selama membersihkan rumah, disarankan bagi bumil untuk selalu membuka pintu dan jendela. Kenapa ya, kira-kira? Ya, benar banget! Besar kemungkinan saat menyapu, debu yang tadinya menempel pada lantai dan furnitur berterbangan ke udara. Nah, dengan membuka pintu dan jendela tadi, sirkulasi udara jadi lebih lancar, sehingga debu bisa keluar dan Bunda tidak sesak.

Jangan memindahkan barang yang berat

Ibu hamil jangan mengangkat barang berat
Sumber: smartparents.sg

Bunda pasti sudah terbiasa ya, untuk memindahkan barang-barang yang berat sendirian, misalnya saja tabung gas, galon, dan lainnya. Namun, selama hamil ada baiknya aktivitas tadi dihindari. Sebab, terlalu banyak memindahkan barang berat akan menambah tekanan pada tubuh ibu hamil yang dapat menyebabkan cedera. Nggak hanya itu, aktivitas ini cukup berbahaya karena dapat meningkatkan resiko keguguran, Bunda. Jadi, kalau bisa dihindari, ya!

Hati-hati membersihkan kotoran kucing

Jika Bunda memiliki kucing di rumah, hati-hati saat membersihkan kotak kotorannya, ya. Pasalnya, ibu hamil beresiko terkena infeksi virus toksoplasma. Virus ini sendiri bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan, seperti kelahiran prematur, kerusakan sistem saraf pada janin, serta yang lebih parahnya keguguran.  Untuk mengurangi resikonya, Bunda bisa memberikan makanan kaleng untuk kucing kesayangan di rumah. Ingat, jangan memberikan makanan yang mentah, ya, Bunda!

Cuci tangan dan bersihkan tubuh

Setelah selesai dengan kegiatan membersihkan rumah, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan. Ya, apalagi kalau bukan membersihkan tubuh. Tubuh yang berkeringat akan membuat kotoran mudah menempel pada kulit dan beresiko mengganggu kesehatan ibu hamil. Itulah mengapa Bunda harus membersihkan diri, agar semua kotoran tadi hilang dan Bunda tetap sehat. Segera cuci tangan, mandi, dan jangan lupa ganti pakaian, ya.

Bunda, membersihkan rumah itu hal yang penting. Namun, perlu diingat bahwa Bunda nggak boleh memaksakan diri karena kesehatan Bunda dan janin jauh lebih penting. Saat sudah mulai lelah, nggak ada salahnya kok, bagi Bunda untuk beristirahat sejenak. Bunda juga bisa minum air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Jika rasanya Bunda tidak sanggup menyelesaikan semua sendiri, Bunda boleh banget meminta bantuan dari pasangan atau anggota keluarga yang lain.

Supaya nggak repot membersihkan sprei dan kasur setiap hari, Bunda bisa mengganti sprei di rumah dengan aisha sprei. Sprei waterproof ini mudah dibersihkan, sehingga kotoran dan debu bisa dibersihkan sampai benar-benar hilang. Selain itu, aisha sprei memiliki banyak pilihan, mulai dari sprei polos sampai sprei motif. Ukuran sprei yang tersedia pun beragam, jadi Bunda bisa menyesuaikan dengan ukuran kasur di rumah.

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons