5 Rekomendasi ASI Booster Alami untuk Ibu Menyusui!

ASI menjadi sumber gizi yang penting agar buah hati dapat tumbuh dengan optimal. Oleh karena itu Bunda disarankan untuk memberikan ASI ekslusif, setidaknya sampai bayi berusia 6 bulan dan dapat diteruskan sampai usia 2 tahun. Namun, nyatanya hal ini tidaklah mudah ya, Bunda, terkadang ASI tidak lancar atau bahkan sulit keluar. Nah, Bunda jangan sedih dulu, karena masalah produksi ASI bisa diatasi dengan mengonsumsi ASI booster. Nggak selalu yang kimia, berikut rekomendasi ASI booster alami supaya ASI lancar dan berlimpah.

Bayam

Saat jumlah zat besi dalam tubuh rendah, suplai air susu ibu pun akan terpengaruh dan menjadi rendah. Oleh karena itu, makanan kaya zat besi seperti bayam bisa jadi pilihan ASI booster yang baik, Bunda. Bayam juga kaya akan kandungan vitamin D yang dapat mendorong pertumbuhan tulang bayi. Bunda bebas memilih, apakah ingin mengonsumsi bayam hijau atau bayam merah, karena keduanya sama-sama bergizi dan dapat melancarkan ASI.

Ikan

Ikan salmon ASI booster
Sumber: hellosehat.com

Bukan rahasia umum lagi, jika ikan salmon bermanfaat dalam melancarkan produksi ASI. Namun, nggak hanya salmon saja, lho, melainkan ada banyak pilihan ikan lain yang bisa Bunda konsumsi, seperti ikan lele dan ikan gabus. Ikan gabus sendiri dipercaya dapat meningkatkan produksi prolaktin dan oksitosin, Bunda, dua hormon yang berperan dalam proses menyusui. Jadi, pastikan ada ikan dalam menu makanan Bunda setiap hari, ya!

Chia seed

Pernahkah Bunda melihat jenis biji-bijian yang satu ini? Ya, chia seed. Chia seed merupakan biji-bijian dari tanaman Salvia hispanica yang tumbuh di daerah Meksiko dan Amerika Selatan. Chia seed baik dikonsumsi oleh ibu menyusui, bahkan diklaim sebagai ASI booster paling ampuh, lho, Bunda. Bagaimana tidak, superfood yang satu ini memang terkenal kaya akan serat, protein, dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 inilah yang memiliki peran penting dalam melancarkan produksi ASI. Sebelum disantap, sebaiknya rendam chia seed selama beberapa menit dulu, Bunda.

Alpukat

Manfaat alpukat ibu menyusui
Sumber: hellosehat.com

Tidak hanya chia seed, beberapa buah juga memiliki kandungan asam lemak baik bagi tubuh. Sebut saja alpukat, Bunda. Buah yang satu ini kaya akan asam amino esensial, seperti omega-3, omega-6, serta omega-9, yang dapat meningkatkan produksi ASI. Selain sebagai penambah ASI alias ASI booster, alpukat pun sering direkomendasikan sebagai makanan penambah tenaga bagi ibu yang menyusui. Bunda bisa memakan alpukat secara langsung, atau bisa juga dijadikan campuran dalam salad yang segar.

Oats

Oats masuk ke dalam rekomendasi ASI booster selanjutnya, nih, Bunda. Pasalnya, oats mengandung serat beta glukan yang dapat mendorong kerja hormon prolaktin. Ketika kandungan hormon prolaktin dalam tubuh tinggi, maka suplai ASI pun akan meningkat. Oats jugamemiliki kandungan zat gizi lain, yakni zat besi, saponin, dan mineral. Jadi, tidak hanya meningkatkan kuantitas ASI saja, tapi juga menunjang produksi ASI yang lebih berkualitas untuk si kecil, Bunda.

Nah, itulah tadi daftar ASI booster alami yang bisa Bunda konsumsi. Pastikan Bunda mencampurnya dalam menu makanan harian, guna mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, ingat untuk berolahraga secara rutin di rumah serta pastikan Bunda memiliki waktu istirahat yang cukup, ya! Sebagai tambahan, Bunda pun dapat mengonsumsi berbagai produk ASI booster dalam kemasan, baik itu produk berbentuk tablet, bubuk, maupun teh. Namun, sebaiknya pilih yang aman untuk ibu menyusui, ya!

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons