5 Cara Ampuh Atasi Batuk pada Anak Tanpa Obat

Salah satu gejala penyakit yang sering dialami oleh anak adalah batuk. Batuk sendiri termasuk bentuk mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran napas dari benda asing, seperti debu dan lendir. Batuk jika hanya sesekali sebenarnya tidak apa-apa, bahkan merupakan refleks yang sehat, Bunda. Namun, jika batuk si kecil terjadi terus menurus tanpa henti, pastinya akan sangat mengganggu, ya. Untuk itu, batuk tidak boleh dibiarkan dan harus segera diatasi bila tak kunjung mereda. Berikut ini adalah cara alami yang ampuh untuk atasi batuk pada anak tanpa obat, Bunda. Disimak baik-baik, ya!

Konsumsi buah apel

Bunda, apel dipercaya dapat mengurangi dan meredakan gejala batuk pada anak. Pasalnya, di dalam apel terdapat kandungan flavonoid yang bernama quercetin  Senyawa ini efektif meningkatkan daya tahan tubuh buah hati, serta mengurangi demam dan peradangan pada saluran pernapasan. Tidak hanya itu, apel juga memiliki kandungan antioksidan yang setara dengan 1.500 mg vitamin C, lho, Bunda. Sebaiknya, konsumsi apel tiap hari secara rutin sampai batuk dan pilek mereda. Bunda bisa memberikan apel langsung pada anak ataupun diolah menjadi jus.  

Minum madu secara rutin

Madu atasi batuk pada anak
Sumber: news-medical.net

Di samping rasanya yang manis, madu menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan. Ia memiliki kandungan antiradang, antibakteri, serta antioksidan. Tidak heran jika madu pun dijadikan pilihan untuk mengobati berbagai macam penyakit, Bunda, termasuk juga masalah batuk pada anak. Madu bekerja dengan melapisi membran mukosa yang meradang serta mengurangi dahak, sehingga batuk akan mereda. Berikan 1 sendok teh madu sekitar 30 menit menjelang waktu tidur, ya, Bunda. Namun, perlu diingat jika madu tidak disarankan untuk diberikan pada bayi di bawah 1 tahun.

Berikan perasan air lemon

Selain apel, buah lain yang dapat meredakan gejala batuk pada anak adalah lemon. Lemon mengandung vitamin C tinggi yang bekerja efektif dalam mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Nah, Bunda bisa memberikan perasan air lemon yang sudah dicampur dengan madu dan air hangat terlebih dahulu. Campuran ini akan melegakan tenggorokan si kecil serta mengurangi rasa gatal yang mengganggu. Sebisa mungkin, minum perasan air lemon secara teratur, ya, Bunda, setidaknya 3 hari dalam seminggu.

Menghirup uap air hangat

Atasi batuk tanpa obat
Sumber: food-hacks.wonderhowto.com

Jika 3 langkah sebelumnya adalah cara meredakan batuk pada anak dari dalam. Kini, beralih ke cara mengatasi batuk dari luar, ya, Bunda. Salah satu yang bisa Bunda lakukan adalah dengan menggunakan uap dari air hangat. Kenapa uap air hangat? Ya, benar, karena dengan menghirup uap air hangat, pernapasan yang tersumbat akibat lendir, jadi lebih lancar. Bunda cukup menyediakan air hangat dalam mangkuk kecil untuk kemudian anak hirup. Jangan lupa, tutup mangkuk dengan handuk, ya, guna mencegah air hangat yang ada di dalamnya tumpah. Lalu, biarkan si kecil menghirup uapnya selama kurang lebih 15 menit.

Meninggikan posisi kepala si kecil

Anak yang batuk tidak jarang mengalami kesulitan untuk tidur saat malam, Bunda.  Hal ini karena jalur pernapasan yang tersumbat sehingga membuatnya sulit bernapas dan jadi tidak nyaman. Untuk meringankan rasa tidak nyamannya tadi, Bunda bisa mengangkat kepala anak dan menyangganya dengan bantal ekstra. Posisi kepala yang lebih tinggi akan membantu mereka untuk bernapas lebih mudah.

Nah, agar batuk pada anak cepat teratasi, ada baiknya jika Bunda mencari tahu lebih dalam mengenai penyebab dari batuk tersebut. Pasalnya, beda penyebab akan beda pula cara menanganinya, Bunda. Untuk batuk alergi, biasanya disebabkan oleh debu dan jamur yang ada di rumah. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari pemicu alergi dan pastikan kebersihan rumah tetap terjaga. Bunda juga bisa mulai mengganti sprei yang dimiliki dengan sprei waterproof karakter. Sprei anti air ini mudah dibersihkan sehingga mencegah adanya jamur dan tungau pada kasur. Semoga tips ini bermanfaat ya, Bunda! Kalau batuk anak mereda, orang tua pun akan merasa lega.

Leave a Comment

Show Buttons
Hide Buttons